Cara Membuat Website Gratis dengan HTML

Minggu, 20 Juli 2014

Cara Membuat Website memang bukanlah perkara yang mudah, dimana kita diwajibkan menguasai yang namanya database dan juga sedikit ilmu tentang php untuk mengkoneksikan database form dengan database, tapi itu semua hanya berlaku jika kita membuat website jejaring sosial seperti Facebook misalnya, namun jika hanya sekedar webiste dengan CMS Wordpress maka, kita tidak akan perlu mempelajari hal-hal tersebut.

Nah, untuk mempermudah Anda memhami pemabahasan ini, saya akan menjelaskan kepada Anda secara runtut mulai dari.

  1. Cara Membuat Website ( Daftar Hosting dan Pesan Domain )
  2. Cara Upload File HTML atau Script ke Website
  3. Cara Mengecek Website yang baru kita Buat

Mungkin langsung saja kita masuk pada pembasan yang pertama tentang Cara Membuat Website yang tentunya Gratis alias tanpa dipungut biaya apapun.


Cara Membuat Website


Untuk membuat website 'bahan' yang harus kita persiapkan adalah Hosting dan Domain, dan disini kita akan menggunakan Hosting dan Domain Gratisan. Cara memesannya pun cukup mudah, silahkan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Silahkan kunjungi cpanel.2freehosting.com

    Cara Membuat Website gambar 1

    Selain 2freehosting masih ada banyak sekali penyedia hosting gratisan seperti idhostinger dan lain-lain, namun kali ini saya akan mencontohkan buat website menggunakan 2freehosting.

  2. Klik tombol Sign Up yang ada di pojok kanan atas

    Cara Membuat Website gambar 2

    Masukkan semua data yang diminta seperti email dan password, dan jangan lupa pula masukkan captcha, lalu klik Sign Up.

  3. Buka email, lalu klik Email verifikasi dari 2freehosting

    Cara Membuat Website gambar 3

    Sign In dulu ke akun email yang tadi Anda daftarkan, setelah itu buka inbox dan klik link verifikasi yang dikirim oleh 2freehosting.

  4. Klik cPanel

    Cara Membuat Website gambar 4

    Ada banyak menu diabgian atas, silahkan Anda klik cPanel, lalu klik Create New Account dan pilih free hosting.

  5. Isi subdomain dan password

    Cara Membuat Website gambar 5

    Silahkan And aisi nama domain dan lanjutkan mengisi pasword, setelah itu klik Create

Dari sini kita sudah berhasil buat website, dan kita akan melanjutkan Cara Upload File atau Script ke Website yang baru saja kita buat tadi. Caranya sebenarnya sangat mudah karena sudah tersedia fitur upload di Hosting gratisan ini.


Cara Upload File HTML ke Website


Pada contoh kali ini saya akan mengupload file yang berbentuk HTML yang mana di dalam file HTML ini sudah saya sertakan pula CSS, jadi tampilan website kita nanti bisa berubah. Langsung saja cara upload file adalah sebagai berikut.

  1. Klik switch, lalu pilih File Manager

    Cara Upload File HTML ke Website

    Klik switch pada domain yang baru kita pesan tadi, lalu setelah halaaman baru terbuka cari dan klik File Manager dan lanjutkan klik Install.

  2. Klik tanda '+' untuk upload file

    Cara Upload File HTML ke Website gambar 2

    Jika file tidak terlalu besar maka, hanya butuh kurang dari 5 detik untuk  menguploadnya. dan jika file sudah terlihat maka proses upload selesai.

Upload file sudah berhasil, artinya tampilan depan dari situs kita sudah berubah sekarang, mari kita cek bersama-sama apakah berhasil atau tidak.


Cara Mengecek Website yang baru kita Buat


Untuk mengunjungi web yang baru kita buat, caranya cukup dengan mengetikkan alamat domain yang tadi kita pesan. Dalam hal ini tadi saya membuat situs web dengan alamat contohbuatwebsite.3eeweb.com

Jika berhasil maka tampilan akan seperti ini.

Cara Mengecek Website yang baru kita Buat

Ini hanyalah tampilan standar atau bisa dibilang sebagai website personal, disitu pun terdapat nama dan juga foto, Anda bisa mengubahnya dengan menggantinya urlnya.

Jika tertarik dengan isi Index.html tersebut Anda bisa mengunduhnya disini

Itu saja dari saya, semoga tutorial mengenai Cara Membuat Website Gratis ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang sedang kebingungan dalam buat website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar